Cara Merakit LNB Combo ( Gabungan LNB C Band KU Band )

Simak dan ikut cara berikut

1. Siapkan LNB Ku Band bekas yang tak
terpakai namun masih baik.
2. Siapkan pula LNB C Band tak terpakai
dan masih baik pula.
3. Persiapkan Gergaji kecil atau bor listrik buat lobangin LNB C Band
anda.
4. Persiapkan alat perekat/penyambung
misalnya Lem Campur Epoksi
atau sejenisnya.
5. Split LNB 2 in 1 buat mengabung kabel LNB
Caranya :
Buatlah lobang di kepala LNB C Band
anda yang besarnya disesuaikan
dengan kepala LNB Ku Band anda
(maksudnya diameternya disesuaikan setelah Kepala Ku Band nya
dilepas terlebih dahulu)
Perhatikan isi dalem dikedua LNB tadi,
perhatikan posisi jarum, pada
saat pemasangan / Penempelan LNB Ku
band di atas kepala C Band, buatlah batang penyangga yang terlihat
melintang di dalam LNB
sejajar dengan LNB satunya, ingat jarum
jarum diusahakan jangan
saling menyentuh dan harus saling jajar
(Sejajar Vertikal dan horizontalnya) dan jika memungkinkan
atur jarak LNB (isi dalamnya)
sedekat mungkin sehingga penerimaan
pantulan pada fokus relatif
sama.
Kemudian lem atau rekatkan dengan kuat kedua LNB tadi, untuk
pemasangan pada bracket tidak berbeda
dengan pemasangan LNB C
Band yang biasa dilakukan.
Kemudian Pasang Kabel kabelnya dan
satukanlah kedua kabel menggunakan split LNB dan keluaran
kabel satunya sudah pasti buat
receiver.
Catatan :
utk menggabungkan 2 lnb tersebut
gunakan diseqc switch/ Split 2×1 (2 input lnb 1 output utk ke rec) atau 4×1 (4
input lnb 1 output utk ke rec)
cara setting Receivernya : LNB C Band
diatur dengan diseqc port 1
sedangkan LNB Ku Band diseqc port 2
Oceeeehhh biar ga bengong coba saja langsung di praktekkan. moga
sukses.
Perlu diingat : posisi konektor kabel pada
LNB Ku Band adalah kearah
Utara (maksudnya saya juga ga ngerti
mengapa demikian kemungkinan besar dengan posisi
tersebut kita mendapat polarisasi
yang sama dengan polarisasi LNB C
Band). Sedangkan untuk LNB C-
band pastikan posisi 0 derajat LNB yang
tadinya berada di bagian atas LNB (yang sudah dibuang), dapat anda
tandai supaya tidak lupa posisi
0 derajatnya (yang nanti akan digunakan
utk menentukan posisi arah
barat atau timur)

One thought on “Cara Merakit LNB Combo ( Gabungan LNB C Band KU Band )

  1. Gan saya punya lnb combo matricks,stlh sy pasang ko gak bisa dpt yg ku bandnya? Gmn cr pasangnya ya gan? Sy pake dish mesh 9feet,posisi sy di waingapu-NTT.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s