Cara Mencari Satelit NSS6 @95.0° East

Satelit ini terkenal paling banyak dicari karena IPM nya, bisa didapatkan dengan menggunakan lnb jenis KUband, jadi jangan coba coba tracking satelit ini menggunakan lnb c band. Sampai kapan pun mungkin tidak bakalan bisa di lock. bentuk lnb c band  biasanya lebih kecil dibanding saudaranya yang cband. Posisi satelit ini di sebelah barat satelit asiasat2 atau berada di 95.0° East . Arah lnb kalau standar adalah menghadap utara  atau selatan. kalau polaritas terbalik menghadap ke timur atau barat. Satelit ini beamnya sangat melebar dan signalnya sangat besar terutama di Inodonesia bagian barat. Berikut peralatan yang diperlukan dan trik untuk dapat menonton siaran tv di NSS6

Trik untuk mendapatkan satelit ini saya rasa mudah bagi yang sudah berpengalaman, namun akan terasa susah bila baru pertama kali. Awalnya saya juga begitu, terlalu bersemangat hingga sampai malam pun tetap tracking demi sebuah nss, yah pengalaman dulu pertama kali nguber satelit dengan frequensi kuband.

Dari pengalaman saya bisa simpulkan bahwa untuk me-lock satelit ini langkahnya adalah sebgai berikut:
pertama kita lihat spesifikasi dari peralatn yang kita punya seperti dish, lnb maupun receiver. Say ambil contoh, dulu saya dish ex telkomvision yang berukura kurang lebih 90vm x 110 cm, dish ini merupakan jenis dish offset atau tidak berbentuk parbola sempurna, atu bisa kita tandai dengan melihat posisi lnb yang berda di pinggir.

Kemudian LNB, dulu saya menggunakan jenis lnb offset juga yaitu lnb bekas tv berbayar Astro, nah di sini kuncinya. Sebelum saudara lanjutkan ke tracking sebaiknya pahami dulu sifat lnb ini yang berbeda settingan bila dibndingkn dengan lnb primefokus. Lnb ex Astro kalau kita set frequensi sesuai data di lyngsat.com maka setting LO (local Oscilator) nya harus menggunakan 10600, ingat 10600 bukan 9750-10600.

Setelah settingan lnb dimasukkan ke receiver tiba saatnya untuk tracking, saran saya sebaiknya gunakan receiver murah meriah saja atau receiver yang hanya support dvb-s (bukan HD). Receiver jenis ini rata rata tunernya sangat sensitif sehingga kita bisa mudah melihat turun naiknya signal.

Oke lanjut ke tracking, tahap persiapan kalau buat pemula, keluarkan televisi lalu colokkan kabel av dari receiver ke televisi, hidupkan semua peralatan setelah lnb terpasang di bracket dish. Setting LO ke nilai 10600 lalu input frequensinya, kita ambilnya salah satu transponder yang kuat di NSS6 yaitu transponder dengan nilai frequensi 11131 polaritas vertical symbol rate 30000 atau kita singkat saja supaya mudah yaitu 11131 V 30000.

Tahapan selanjtnya, pelan pelan kita posisikan  parabola menghadap ke atas persis, usahakan timur barat atau sudut elevasi sudah pas. Lalu gerakkan sedikit demi sedikit ke arah barat sambil melihat ke televisi, lihat kualitas signal atau bar yang bawa, kalau sudah sampai 45 derajat ke barat belum juga ada kenaikan signal di bar, coba setel sudut inklinasinya atau bahasa mudahnya kemiringan utara selatan. Miringkan sedikit saja, lalu pelan pelan naikkan lagi ke arah timur dishnya smabil lihat layar televisi. begitu seterusnya sampai signal terlihat. Selanjutnya kencangkan baut dish dan silahkan scan untuk melihat semua transponder.

Coba pilih channel tv yang paling lemah signalnya dengan cara menekan tombol info di remote receiver.  Kemudian coba atur posisi dish baik kemiringan utara selatan atau barat timur atau posisi lnb di bracket. Pelan saja jangan terburu buru sambil lihat layar televisi. Maksimalkan lagi sehingga tidak ada lagi terlihat signal yang lemah.

Semoga trik ini bisa membantu terutama buat rekan rekan yang baru pertama mengenal kuband. Kalau ada pertanyaan silahkan tulis di kotak komentar, saya bantu semampunya.

Beam satelit NSS6

image

One thought on “Cara Mencari Satelit NSS6 @95.0° East

  1. Aku coba pakai lnb ku band merk tanaka model:t-60 dis bekas indovision.seting udah universal,tpi belum dapat sinyal juga.gimana ya caranya? Aku tinggal di lubuk linggau sumatra selatan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s